Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit (credit card) merupakan kartu plastik yaitu kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual-beli barang dan jasa dan pengambilan uang tunai, kemudian  pelunasan atas penggunaannya dapat dilakukan sekaligus atau secara angsuran sejumlah minimum tertentu.

Kartu kredit dapat digunakan sebagai  alat pembayaran di tempat-tempat tertentu, dimana bank mengikat perjanjian, seperti supermarket, pasar swalayan, mini market, hotel, restoran, dan tempat-tempat lainnya. Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memiliki prinsip “buy now pay later”, dimana pada saat transaksi kewajiban pemegang kartu ditalangi terlebih dahulu oleh penerbit kartu kredit. Pemegang kartu dapat melunasi pembayaran berdasarkan waktu yang disepakati antara pemegang kartu dan penerbit.

Disamping itu kartu kredit ini, juga dapat mengambil uang tunai di berbagai tempat seperti bank-bank atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di berbagai tempat-tempat yang strategis seperti di pusat belanja, hiburan dan perkantoran.

Pemegang kartu kredit (card holder) akan diberikan kredit limit, sehingga penggunaan kartu kredit tidak boleh melebihi limit yang telah ditetapkan oleh bank penerbit.

pengertian kartu kredit gambar kartu kredit 300x136 Pengertian Kartu Kredit

contoh kartu kredit

Pahamilah tentang kartu kredit :

1.    Kartu kredit adalah produk perbankan

2.    Karena kartu kredit adalah produk perbankan, bank ingin mengambil untung dari penggunaan  kartu kredit.

3.     Kartu kredit bukan alat pembayaran yang bisa dipakai seperti kartu uang ajaib dan anda tidak mempunyai kewajiban setelah menggunakannya.

4.     Kartu kredit adalah kartu hutang

5.     Dalam hal tertentu bank akan mengenakan bunga.

6.     Kartu kredit bukan untuk meningkatkan prestise dan sebagai alat kesombongan diri

7.     Kartu kredit tidak disarankan digunakan terlalu banyak untuk biaya konsumtif

8.     Kartu kredit memberi anda fasilitas kelas atas di beberapa tempat, seperti bandara, restoran, toko-toko tertentu , bolehlah dinikmati tetapi tetap waspada.

1 Comment

(Required)
(Required, will not be published)